Berikan Kemudahan dalam Layanan Pengaduan, KPK RI Sarankan Diskominfotik Kota Blitar Optimalkan Layanan SP4N Lapor dan ULPIM

Diskominfotik 18 Feb 2025 139x Share
img-berita

Kota Blitar - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI berkunjung ke Kota Blitar untuk mengetahui perkembangan layanan pengaduan di Kota Blitar. Salah satunya layanan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) - Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) yang dikelola Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kota Blitar, Kamis (13/02/2025).

Analisis Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, KPK RI, Andika Widiarto mengatakan dalam kunjungannya ini pihaknya ingin mengetahui bagaimana perkembangan layanan pengaduan yang dikelola oleh Diskominfotik Kota Blitar. Seperti layanan SP4N - LAPOR dan Unit Layanan Pengaduan dan Informasi Masyarakat (ULPIM) Kota Blitar. Menurutnya, secara keseluruhan layanan pengaduan yang dikelola dinas setempat, sudah berjalan dengan bagus.

Namun, pihaknya tetap memberikan masukkan agar ke depan layanan itu dapat dimunculkan bukti dukung aduan yang sudah tertangani, agar dapat diketahui publik. Sehingga dapat memberikan kepercayaan pada masyarakat karena penyelenggaraan pelayanan berjalan dengan transparan.

"Ada masukan dan saran, untuk laporan dari masyarakat yang terpampang di website baik yang sudah dikerjakan maupun belum ada respon yang terlihat atau nampak. Sehingga keita semua tau," kata Andika.

Sementara itu, Kepala Diskominfotik Kota Blitar, Mujianto mengatakan dari segala masukan yang diberikan KPK RI akan ditindak lanjuti dan dikoordinasikan dengan Bagian Organisasi. Mengingat Bagian Organisasi juga berperan dalam segala bentuk pelayanan yang ada di pemerintahan. Selain itu, Diskominfotik juga memberikan dukungan terkait layanan administrasi secara elektronik. Misalnya TTE (Tanda Tangan Elektronik) yang memberikan kemudahan masyarakat untuk menerima tanda tangan perangkat Kecamatan maupun Kelurahan, untuk keperluan administrasi kependudukan dan lainnya.

"Penggunaan sistem pada pelayanan masyarakat Kominfo telah mensupport perangkat Kecamatan maupun Kelurahan melalui TTD elektronik yang terdigitalisasi," kata Mujianto.

Mujianto berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan publik di Diskominfotik Kota Blitar untuk mendukung program digitalisasi di wilayah. (Fan)

Berita Populer

Kota Blitar Maju dengan SPBE: Layanan Pub..

by Diskominfotik | 29 Nov 2024

Maksimalkan PPID Pembantu, Diskominfotik ..

by Diskominfotik | 22 Jan 2019

Call Center 112 Kota Blitar Terus Optimal..

by Diskominfotik | 14 Mar 2022

Balmond Kelas I Provinsi Jatim Gelar Ujia..

by Diskominfotik | 22 Jul 2020

Diskominfotik Gelar Laporan Pendahuluan P..

by Diskominfotik | 22 Nov 2018

Diskominfotik Kota Blitar Raih Juara 1 IG..

by Diskominfotik | 22 Aug 2024