Gebyar Festival Santri Keren, Meriahkan Alun-Alun Blitar

Peringatan Hari Santri Nasional 2022 diselenggarakan secara meriah di Alun-Alun Kota Blitar. PCNU (Pengurus Cabang Nadhatul Ulama) Kota Blitar bekerjasama dengan Pemerintah Kota Blitar menggelar Festival Santri Keren 2022 dalam rangka perayaan Hari Santri Nasional. Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 21 Oktober – 27 Oktober 2022. Setiap harinya berbagai macam kegiatan menghiasi acara dalam rangka perayaan Hari Santri Nasional. Tidak mau ketinggalan, para peserta KKN Kelompok 17 UPN “Veteran” Jawa Timur datang untuk menikmati rangkaian kegiatan yang ada.

Pada saat hari pertama dimulai dengan pembukaan dan berbagai sambutan serta harapan-harapan yang meriah diselingi dengan berbagai penampilan yang menghibur masyarakat yang hadir, dipanjatkan juga harapan oleh Dr. H. Ahmad Jazuli S.H. M.Si. selaku Asisten Adminstrasi Umum Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur, “agar para santri tidak hanya di Blitar bahkan di Jawa Timur maupun Indonesia dapat menjadi lebih aktif dan dapat menempatkan diri di posisi-posisi yang penting” ujar Jazuli.

Kemudian acara berlanjut dengan sholawatan dipimpin oleh Habib Ja’far dan JMC, kemudian pada hari kedua yakni Upacara Hari Santri dan berbagai lomba TPQ/Madin/SD/MI, dan hiburan pagelaran wayang kulit. Hari ketiga dilaksanakan Kirab yang diikuti 10.000 santri dengan jalan sehat, lalu ada hiburan musik, dan parade sholawat fatawat. Berlanjut di hari keempat diadakan seminar santri Anti Radikalisme, lomba IPNU IPPNU, Pentas Seni Islami Gambus. Hari kelima akan dilaksanakan seminar santri Anti Narkoba, Lomba Fotografi dan Vidiografi, dan Cangkrukan bersama Gus Kautsar. Selanjutnya hari keenam dilanjutkan Pawai Ta’aruf YPMNU, Lomba Menyanyi Solo Ma’arif NU, Pentas Seni TPQ/Madin, Pentas Seni Santri.lalu hari terakhir akan dilaksanakan Lomba Mewarnai Mamamia, Parade Sholawat Muslimat NU, Penutupan dan Pengajian Akbar bersama Gus Miftah.

            Tidak hanya itu, kegiatan festival pun dimeriahkan oleh bazar, bazar tersebut dinamakan sebagai “Festival Santri Keren”, dimana berbagai UMKM berjualan dan memasarkan produknya, tidak hanya UMKM yang ikut meramaikan hari santri tersebut tetapi juga terdapat berbagai organisasi, Dinas Pendidikan, Kementerian Agama, serta yayasan pondok pesantren dan yayasan pendidikan umum yang hadir mengisi stan yang disediakan, terdapat juga potong rambut gratis bagi para santri yang menghadiri bazar tersebut, serta diadakan juga lomba menari bagi anak-anak yang mengemban pendidikan Sekolah Dasar untuk meramaikan festival tersebut, berbagai elemen masyarakat dari segala kalangan usia juga ikut menghadiri serta menikmati peringatan Hari Santri Nasional 2022.

Antusiasme dari masyarakat yang hadir sangat terlihat dari ramai nya masyarakat yang datang berbondong-bondong untuk menyaksikan acara tersebut. Begitu pun dengan peserta KKN Kelompok 17 UPN “Veteran” Jawa Timur yang sangat menikmati acara dan juga jajanan yang tersedia di bazar. Dengan diselenggarakannya Festival Hari Santri Nasional 2022 yang diselenggarakan di Kota Blitar dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat yang turut berpartisipasi memeriahkan acara dan menghadiri acara tersebut, serta dapat menjalin silaturahmi bagi berbagai organisasi dan elemen masyarakat di berbagai kalangan.

Diskominfotik Kota Blitar

Administrator website Dinas Kominfo dan Statistik

Tinggalkan Komentar

Alamat :
Jl. Moh. Hatta No. 05
Kota Blitar , 66113
Phone: 0342-807805
Fax: 0342-807805
Email: diskominfotik@blitarkota.go.id

Langganan ke newsletter kami untuk mendapatkan berita penting dan penawaran terbaik: