Mahasiswa UPN Bantu Siapkan UMKM Bersaing Di Era Digital melalui WhatsApp Business

Kelompok 17 KKN-T MBKM UPNVJT mengadakan pemaparan terkait Pemanfaatan WhatsApp Business yang berdampak signifikan terhadap para pelaku usaha di Kelurahan Karangsari, Kota Blitar terkhusus UMKM Jenang Dawet “Uenak” Pak Nyoto pada Sabtu (21/11). Pandemi covid-19 yang telah berlangsung sejak 2019 lalu, menyebabkan banyak UMKM kesulitan mengembangkan usahanya. Setelah meredanya pandemi covid-19, para pelaku UMKM mulai bangkit mengembangkan segala jenis usahanya. Namun, bukan hanya pandemi saja yang menjadi kendala bagi para pelaku UMKM, ketidakpahaman akan teknologi yang sudah semakin canggih membuat pemilik UMKM Jenang Dawet “Uenak” Pak Nyoto ini cukup kesulitan untuk membuat dagangannya dijangkau secara luas. Melalui program KKN-T MBKM ini, Kelompok 17 mengadakan pemaparan mengenai pemanfaatan WhatsApp Business pada UMKM Jenang Dawet “Uenak” Pak Nyoto.

            Pemaparan ini mengangkat tema “Pemanfaatan WhatsApp Business pada UMKM Jenang Dawet sebagai Upaya Peningkatan Daya Saing Usaha”. Pemaparan dilakukan di kediaman Pak Nyoto selaku pemilik UMKM Jenang Dawet yang berlokasi di Jl.Cemara Gang 1 Rt.01/Rw.03 Kelurahan Karangsari, Kecamatan, Kecamatan Sukorejo, Kota Blitar. Pemaparan ini dilakukan oleh para peserta KKN Kelompok 17, dengan pokok bahasan yang dibahas yakni fungsi dari WhatsApp Business, pengenalan terkait fitur-fitur yang tersedia, dan tutorial pembuatan akun WhatsApp Business yang nanti akan dipakai oleh pelaku usaha Jenang Dawet. “Dalam UMKM, tidak hanya berfokus mengenai pembuatan produk saja, namun juga diperhatikan pengelolaan usahanya agar dapat berjalan lancar, bersaing dan bertahan lama” Ujar Vania selaku pemateri pemaparan.

            Kelompok 17 berharap, kegiatan pemaparan pemanfaatan WhatsApp Business ini dapat bermanfaat bagi pelaku usaha UMKM Jenang Dawet, sehingga dapat mengetahui bagaimana cara mengelola usaha melalui pemanfaatan WhatsApp Business yang efektif dan efisien secara berkelanjutan.

Diskominfotik Kota Blitar

Administrator website Dinas Kominfo dan Statistik

Tinggalkan Komentar

Alamat :
Jl. Moh. Hatta No. 05
Kota Blitar , 66113
Phone: 0342-807805
Fax: 0342-807805
Email: diskominfotik@blitarkota.go.id

Langganan ke newsletter kami untuk mendapatkan berita penting dan penawaran terbaik: