Kuatkan Kolaborasi Layanan Kegawatdaruratan, Pemkot Blitar Gelar Bimtek Operator Layanan Call Center 112 dan PSC 119
- Administrator
- 17 January 2025
- 48 Views

Kota Blitar - Pemerintah Kota Blitar melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) memberikan bimbingan teknis (Bimtek) bagi operator layanan Call Center 112 dan Public Safety Center (PSC) 119 Kota Blitar. Kegiatan itu berlangsung di ruang Integrated System Center (ISC), Kamis, (16/01/2025).
Kepala Diskominfotik Kota Blitar, Mujianto menjelaskan bimtek ini sengaja dikolaborasikan dengan Dinas Kesehatan yang mulai mengoperasikan layanan PSC 119. Menurutnya, sinergitas layanan Call Center 112 dan PSC 119, menjadi upaya pemerintah daerah untuk menangani kejadian darurat di lingkungan masyarakat.
Untuk itu perlu penyamaan presepsi antara operator Call Center 112, PSC 119 dengan jajaran mitra kerja. Nantinya, Diskominfotik juga akan melakukan rakor lanjutan dengan Dinas Kesehatan guna membahas penyusunan Standard Operating Procedur (SOP). Mengingat awal Februari nanti, layanan PSC 119 mulai berjalan.
"Kolaborasi ini bagian dari layanan pada masyarakat yang harus di support. 119 kita juga mencoba menguatkan layanan cepat tanggap darurat kesehatan" terang Mujianto.
Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Blitar, Dharma Setiawan mengatakan Public Service 119 akan dikhususkan untuk melayani kegawat daruratan dibidang kesehatan. Seperti pertolongan pertama, evakuasi korban, layanan ambulans, melakukan koordinasi dengan fasilitas kesehatan dan lainnya. Dharma berharap melalui bimtek ini, ke depan fungsi PSC 119 dapat berjalan dengan optimal.
"Bimtek 112 dan 119 akan di operasionalkan awal Februari 2025. Dimana 119 menangani keluhan masyarakat terkait dengan sektor kesehatan. Kita komitmen meningkatkan layanan kesehatan" terang Dharma.
Dalam bimtek Call Center 112 dan PSC 119 ini, Diskominfotik Kota Blitar mengundang narasumber Wahyu Prasetyo dari PT. Jasnita Telekomindo. (Fan)
Comments (0)
There are no comments yet